Rabu, 28 Agustus 2019

Usaha

Bicara soal peluang usaha, tentu aja semuanya bakal balik lagi ke modal awal yang mesti dikeluarkan. Dan saat ini, kita bakal membahas peluang-peluang usaha bermodalkan di bawah Rp 5 juta yang bakal menghasilkan cuan tahun ini.
Dijamin deh, beberapa di antaranya tentu ada yang sesuai dengan passion atau hobi mu. Dengan modal yang tergolong kecil, tentu saja bisnis ini pas bagi kamu yang pemula.
Seperti dikutip dari CNBC, terkait passion dalam bisnis, Pendiri Amazon Jeff Bezos pernah bilang, “kita gak perlu mencari passionpassion-lah yang akhirnya memilih kita. Dan kita harus sadar sama passion kita sendiri.”
Ingin tahu lebih lanjut? Berikut adalah deretan peluang usaha di bawah Rp 5 juta yang bisa membuatmu kaya tahun ini, pengin tahu apa aja? Yuk, kita simak di bawah ini:

1. Peluang usaha makanan dan minuman

Salah satunya yang bisa kamu jadikan peluang bisnis dan menambah cuan mu di rekening, ya dengan memulai buka usaha makanan dan minuman. Bisnis ini cukup menjanjikan lho, asal kamu pintar banget nih buat melihat siapa yang dituju.

a. Waralaba makanan dan minuman


Peluang usaha dengan membuka waralaba makanan dan minuman bisa kamu coba lho, (Ilustrasi/Pixabay).
Nyari peluang usaha makanan atau minuman dengan bujet di bawah Rp 5 jutaan? Pilih aja waralaba makanan atau minuman.
Usaha yang satu ini bahkan bisa dimulai dengan modal Rp 2 jutaan aja. Waralaba juga menjadi bisnis yang pas dirintis bagi seorang pemula, mengapa demikian?
Karena selain modalnya kecil, kamu juga bisa mendapatkan training dari perusahaan yang membuka waralaba ini. Peralatan dan lainnya pun mereka sediakan, gimana tertarik?

b. Angkringan


Mencoba buka angkringan bisa kamu jadikan peluang usaha tahun ini, (Ilustrasi/Pixabay).
Bukan cuma pas jadi usaha sampingan di desa lho, angkringan juga bisa jadi peluang buat kamu menghasilkan cuan dari makanan di perkotaan.
Di malam hari, tempat ini tentunya bisa jadi tempat tujuan bagi para karyawan kantor atau warga setempat yang tengah kelaparan. Angkringan juga bisa jadi refrensi buat mereka  mencari tempat makanan murah.
Modal angkringan itu gak mahal lho, Rp 3 jutaan pun bisa. Tapi, semua tergantung menu makanan yang disediakan ya. Pastinya harus ada nasi kucing, sate telur puyuh, tempe dan tahu bacem, dan susu jahe.

c. Jajanan pasar


Peluang usaha dengan membuka kios jajanan pasar bisa kamu lakukan nih tahun ini, (Ilustrasi/Pixabay).
Nah, yang ini juga bisa kamu jalankan buat menghasilkan uang dari makanan yang termurah tentu saja menjual jajanan pasar. Sampai kapanpun, segaul-gaulnya anak gaul Ibu Kota pasti doyan jajanan pasar yang murah meriah.
Bermodalkan uang Rp 1 jutaan, kamu tentu bisa membuat banyak jajanan pasar yang enak-enak. Dijual di kantor saat pagi hari juga bisa lho.

d. Gorengan


Peluang usaha dengan menjual gorengan bisa nih, pasalnya modalnya gak gede-gede amat, (Ilustrasi/Pixabay).
Mana ada yang bisa menolak gurihnya bakwan, tahu, pisang molen, atau cireng. Itu sebabnya, abang-abang gorengan yang mangkal di pinggir jalan selalu bisa mengais cuan setiap hari.
Jajanan gak sehat ini pasti bisa jadi peluang usaha makanan yang sangat menguntungkan buatmu. Karena modalnya kurang lebih Rp 3,5 juta aja, itu pun jika kamu berniat buat membeli gerobak.
Dalam satu hari, keuntungan yang bisa diraup tentunya mencapai Rp 150 ribuan. Sebulan saja udah bisa balik modal kalau tiap hari jualan.

2. Peluang usaha baru yang bersifat online

Nah, kalau yang di atas adalah peluang buat makanan, di sini kita bakal bahas peluang baru. Baru bisa diartikan sebagai bisnis yang memang jarang atau belum ada di tahun lalu, dan dipastikan booming tahun ini.
Jika kamu menjalankan usaha ini, dijamin pesaingnya masih sedikit. Sementara itu, modal usahanya di bawah Rp 5 jutaan juga dinilai gak mahal-mahal amat.
Mau tahu apa aja? Berikut ulasan lengkapnya.

a. Jasa perantara jual barang-barang hypebeast


Peluang usaha membuka jasa perantara jual barang-barang hypebeast, (Ilustrasi/Pixabay).
Tren hypebeast memang lagi menjamur di kalangan anak millenial Jakarta yang berkantong tebal. Gak sedikit dari mereka yang rela mengeluarkan uang puluhan juta rupiah hanya buat beli outfit atau sneakers!
Outfit atau sneakers bekas yang langka pun menjadi perburuan mereka. So, gak heran kalau mereka berani keluar uang lebih dari Rp 5 jutaan buat merek Air Jordan, Bathing Ape, Off White, Supreme, dan sebagainya.
Tentu saja, dibalik gaya hidup glamor ini ada sebuah peluang usaha baru yang menjanjikan. Salah satunya dengan memanfaatkan akun Instagram atau forum jual beli, kumpulkan followers, dan bukalah jasa perantara.
Tetapkanlah tarif mu, sebut aja jika posting di Story satu kali Rp 200 ribu, di feed Rp 500 ribu, dan paket all in Rp 600 ribu, mantab kan?

b. Buka kursus online


Buka kursus online bisa dijadikan peluang usaha mu tahun ini, (Ilustrasi/Pixabay).
Apa hobi dan keahlian mu? Apakah itu ada di bidang musik, marketing, bahasa asing, atau mungkin olahraga?
Familiar dong sama yang namanya webinar. Nah, kamu pun bisa membuka kursus online berbentuk webinar sesuai dengan keahlianmu.
Modalnya cuma laptop dan koneksi internet saja. Tapi tentunya kamu harus punya portofolio yang bagus juga biar calon pelangganmu bakal percaya.

c. Sewa kamar


Membuka sewa kamar bisa kamu lakukan sebagai peluang usaha, (Ilustrasi/Pixabay).
Lho! Kenapa sewa kamar masuk sebagai peluang usaha online? Ini kan umumnya dilakukan secara offline?
Sejatinya bisa dua-duanya, tapi berhubung sekarang udah ada Airbnb, Tiket.com, Airy Room, dan lain sebagainya. Tentu cara online bakal semakin mempermudah mu buat mencari calon pelanggan, setuju gak?
Sewa kamar memang sangat berguna jika kamu memiliki rumah yang terletak di wilayah strategis (dekat pusat bisnis), dan memiliki satu kamar kosong. Tapi jika kamu masih tinggal sama orangtua, jangan lupa minta izin ke mereka dulu ya sebelum menjalankan bisnis ini.

d. Jasa pembayaran


Membuka jasa pembayaran bisa kamu lakukan di tahun lho, (Ilustrasi/Pixabay).
Punya kartu kredit? Bantu saja teman-temanmu yang pengin melakukan pembayaran online streaming musik, video, atau membership-membership di situs luar negeri.
Tetapkan saja tarif bayar sebesar berapa persen dari biaya yang kamu tetapkan. Gak usah kemahalan dan jangan kemurahan juga.

3. Peluang usaha rumahan

Baiklah, yang satu ini tentunya sangat pas buat mereka yang ingin buka usaha di rumah. Tapi tentunya yang modalnya juga gak mahal ya, di bawah Rp 5 juta.
Kalau usahanya adalah usaha rumahan, dipastikan sifatnya adalah offline. Kalaupun online, tentunya online hanya berguna untuk pemasarannya saja. Berikut deretan usaha rumahan yang bisa kamu lirik tahun ini.

a. Les privat


Membuka les privat bisa kamu lakukan demi menambah cuan di kantong mu, (Ilustrasi/Pixabay).
Les privat tentu bisa jadi salah satu peluang bisnis rumahan yang bisa kamu pilih. Modalnya juga cuma Rp 3 jutaan kok, dan itu hanya berupa papan tulis, spidol dan penghapus, plus modul belajar saja.
Selain les mata pelajaran sekolah, kursus bahasa asing juga boleh. Asalkan sifatnya ya murid datang ke rumah mu buat belajar.
Dan usaha ini juga cukup menguntungkan dari sisi operasional. Karena kamu gak perlu menyambangi rumah murid.

b. Laundry sepatu


Coba deh buka usaha laundry sepatu, bisnis ini juga lagi tren dan bisa untung banyak, (Ilustrasi/Pixabay).
Laundry baju jelas mahal, tapi laundry sepatu gak akan mahal kok. Apalagi belakangan ini tren sneakers mahal juga lagi booming, dan gak sedikit anak gaul Ibu Kota yang memang kelewat sayang sama sepatunya, tentu aja mereka memilih laundry sepatu agar barang kesayangannya awet.
Bisnis satu ini bisa dimulai dengan modal Rp 2 jutaan aja buat membeli produk pembersih sepatu. Sudah banyak sekali kisah sukses dari pebisnis di sektor yang satu ini, My Shoes contohnya.
Mengingat sekarang teknologi juga sudah canggih, gak usah khawatir soal pengiriman. Ada Gosend atau Grab Express, praktis kan!

c. Cuci steam motor


Coba juga nih usaha cuci motor siapa tahu untung kamu banyak di bisnis ini, (Ilustrasi/Pixabay).
Gak sedikit kok orang malas yang benar-benar mager dalam urusan cuci motor. Itu sebabnya jasa cuci steam motor masih bisa jadi peluang bisnis rumahan yang sangat menguntungkan di tahun ini.
Cukup membeli mesin seharga Rp 1,5 juta, sabun, dan peralatan lain. Kalau ditotal-total kurang lebih Rp 2 sampai Rp 3 jutaan pun bisa.
Kalaupun butuh jasa tukang cuci, mereka bisa kamu berikan upah harian yang sesuai. Mereka juga bakal dapat tip dari pelanggan.

d. Warung kopi


Buka usaha kedai kopi di rumah juga bisa mendatangkan banyak untung nih, (Ilustrasi/Pixabay).
Kalau kedai kopi kekinian jelas mahal, tapi kalau warung kopi ya modal Rp 3 jutaan juga bisa. Apalagi kalau di dalamnya tersedia juga menu Indomie telor dan kornet, pasti bisa makin laris.
Membuka usaha ini di rumah tentu cukup menguntungkan. Selain biayanya murah dan gak perlu sewa tempat, bahan bakunya juga sangat mudah dicari.
Itulah deretan peluang usaha menguntungkan di tahun ini, yang modal awalnya di bawah Rp 5 juta. Kira-kira tertarik buka usaha yang mana gengs? (Editor: Mahardian Prawira Bhisma). 


7 komentar:

  1. Terimakasih atas informasinya sangat bermanfaat, dan untuk Anda yang sedang mencari referensi bisnis terbaik dengan modal kecil saat ini tentunya yaitu kebab gabung sekarang juga disini https://babarafi.co.id/bisnis-kebab/ untuk mendapatkan informasi lengkap tentang menjalankan bisnis jualan kebab yang menguntungkan.

    BalasHapus
  2. Terimakasih atas informasinya sangat bermanfaat, untuk Anda yang sedang mencari inspirasi terbaik untuk mulai berbisnis yang memiliki prospek menguntungkan saat ini temukan informasi selengkapnya melalui artikel yang ada pada website kami https://babarafi.co.id/franchise-makanan/murah-jakarta/ untuk bisa mulai usaha waralaba atau Franchise Makanan Murah Jakarta yang saat ini sedang meningkat yaitu kebab turki baba rafi.

    BalasHapus
  3. Terimakasih informasinya sangat bermanfaat untuk saya, dan jika Anda sedang ingin memulai usaha yang memiliki prospek menguntungkan saat ini jawabannya bisa didapatkan pada website kami di https://babarafi.co.id/kebab/baba-rafi-franchise/ dan dapatkan bisnis terbaik untuk Anda jalankan sekarang.

    BalasHapus
  4. Terimakasih atas informasinya yang sangat bermanfaat ini untuk saya terapkan, Dan untuk Anda para pelaku usaha UKM yang ingin mendapatkan jasa pembuatan aplikasi gudang terbaik untuk aplikasi gudang dan inventory https://palingpertama.com/aplikasi-gudang/ dengan fitur terbaik dari Paling Pertama dengan harga yang paling murah dibandingkan lainnya.

    BalasHapus
  5. Terimakasih atas informasinya yang sangat membantu saya, dan jika Anda saat ini sedang ingin mendapatkan jasa pembuatan aplikasi gudang terbaik untuk aplikasi gudang dan inventory https://palingpertama.com/aplikasi-gudang/ dengan fitur terbaik dari Paling Pertama dengan harga yang paling murah dibandingkan lainnya.

    BalasHapus
  6. Sebelumnya terimakasih atas informasinya yang sangat bermanfaat untuk ini, Untuk Anda yang ingin mendapatkan jasa pembuatan aplikasi gudang terbaik untuk aplikasi gudang dan inventory https://palingpertama.com/aplikasi-gudang/ dengan fitur terbaik dari Paling Pertama dengan harga yang paling murah dibandingkan lainnya.

    BalasHapus
  7. Saya mengucapkan Terimakasih atas informasinya yang sangat bermanfaat, dan untuk Anda yang ingin mendapatkan jasa pembuatan aplikasi gudang terbaik untuk aplikasi gudang dan inventory https://palingpertama.com/aplikasi-gudang/ dengan fitur terbaik dari Paling Pertama dengan harga yang paling murah dibandingkan lainnya.

    BalasHapus